Kia ‘Ngamuk’, Siap Hadirkan 14 Mobil Listrik

Kia Motors mengumumkan akan memperkenalkan setidaknya 14 mobil listrik hingga 2030. Pabrikan asal Korea Selatan itu tidak hanya akan merilis model entry level, sedan atau SUV, pilihan pikap listrik juga bakal disajikan.

Dikutip motortrend, Kia siap menjalankan strategi yang disebut ‘Plan S’. Dengan rencana yang lebih matang, Kia bercita-cita ingin menjadi penguasa penjualan mobil listrik. Kia juga berharap pada 2030 setidaknya telah berhasil menjual 4 juta kendaraan dengan komposisi penjualan mobil listrik mencapai 25%.

Selanjutnya dijelaskan, untuk bisa memuluskan strategi mereka, Kia merencanakan setidaknya akan memperkenalkan 2 unit mobil listrik per tahun diawali tahun depan. Sehingga setidaknya 11 unit mobil listrik Kia sudah diperkenalkan pada 2026, dan terus diperluas mencapai 14 unit BEV hadir pada 2030 nanti.

Saat ini Kia masih mengandalkan varian Niro dan Soul EV, di sisi lain Kia masih terus menguji mobil listrik mereka EV6, yang diikuti oleh EV9 SUV yang akan diperkenalkan pada 2023 mendatang, yang sekaligus akan menjadi seri flagship. Salah satunya dengan menjanjikan hanya butuh waktu 5 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam dan bisa menempuh jarak hingga 336 km sekali pengisian daya.

Selanjutnya bagi konsumen yang hendak memiliki mobil listrik dengan performa terbaik, Kia akan memperkenalkan dalam bentuk varian GT. Selain memperkenalkan entry level, Kia juga mengatakan akan memperkenalkan varian pikap listrik. Pikap listrik Kia ini akan berbagi paltform dengan Hyundai Santa Cruz.

Dengan rencana besar ini, bisa dipastikan pilihan mobil listrik bakal semakin semarak dan konsumen bisa lebih leluasa memiliki kendaraan listrik.

Sumber : oto.detik.com

Write a comment