Cakep! Cicilan ‘Penghancur’ Alphard Ini Lebih Murah Rp30 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia – Toyota Alphard memiliki saingan baru dalam segmen MPV premium, dia adalah Kia Grand Carnival. Uniknya, mobil asal Korea Selatan itu memiliki kapasitas lebih banyak, yakni mencapai 11 penumpang.
Konsumen bisa meminang mobil ini dengan harga Rp 808 juta untuk KIA Grand Carnival tipe Dynamic dan Rp 908 juta untuk tipe Premiere. Selain bisa dibeli dengan tunai, diler KIA juga menawarkan opsi cicilan. Konsumen bisa memilih opsi tenor dari 11 bulan hingga 60 bulan.
“Syaratnya KTP, KK suami istri, NPWP, rekening 3 bulan terakhir, slip gaji, sama bukti aset kopiannya saja. Kalau data lengkap, 2-3 hari udah ada jawaban,” kata tenaga penjual KIA kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (9/6/22).
Cara ini juga sudah lazim dilakukan oleh diler Toyota untuk pembelian Alphard. Lalu berapa perbedaan cicilan antara keduanya?
Untuk menebus Kia Grand Carnival tipe Premiere, konsumen bisa memilih DP Rp 265,011 juta dengan tenor 11 bulan dan cicilan Rp 62.967 juta/bulan.
Dengan DP yang tidak jauh berbeda, yakni Rp 264,91 juta, maka konsumen bisa memilih Alphard 2.5 G A/T seharga Rp 1,3 miliar dengan angsuran lebih tinggi yakni Rp 94,893 juta/bulan. Masa tenor pun lebih lama yakni 12 bulan.
Artinya ada perbedaan cicilan lebih dari Rp 30 juta/bulan dengan DP yang hampir sama. untuk Hal ini terlihat dari perhitungan simulasi Finance Toyota Astra.
Sementara jika menginginkan tenor lebih lama misalnya 3 tahun, maka pilihannya cicilannya pun menjadi lebih rendah. Misalnya untuk menebus Kia Grand Carnival tipe yang sama dengan DP Rp 246,43 juta maka cicilannya menjadi Rp 23 juta. Tenor ini akan berlangsung selama 35 bulan.
Adapun untuk Alphard juga perlu menyiapkan DP sebesar Rp 264,91 juta dengan angsuran Rp 37,4 juta per bulan. Lama tenornya lebih lama satu bulan yakni 36 bulan.

Write a comment